Basic Skincare untuk Pemula

Mungkin masih ada yang bingung, apa sih itu skincare? Skincare adalah perawatan kulit dengan menggunakan produk-produk tertentu khususnya untuk wajah. Mungkin ada yang sudah males duluan untuk merawat kulit karena pernah dengar tentang banyaknya produk yang harus digunakan pada Korean Skincare Routine. Tenang, skincare ngga harus selengkap itu kok. Tapi kalau mau selengkap itu juga ngga ada masalah. Ada banyak cara dari mulai yang simpel sampe ribet. Tinggal menyesuaikan diri masing-masing sesuai kemampuan dan kenyamanan. Karena menurutku merawat kulit itu wajib hukumnya. Namun yang paling penting adalah basic skincare. Basic skincare fungsinya untuk mendukung kinerja kulit kita, jika memang keluhan masih ada, baru tambahkan step yang lain. 3 tahap esensial dan paling dasar dalam skincare adalah : Cleansing, Moisturizing, Protecting. Apa saja itu?

1. Cleansing

Pada tahap cleansing aku menyarankan untuk memakai motode double cleansing. Apa itu double cleansing? Double cleansing adalah metode membersihkan wajah yang dilakukan secara dua tahap dengan produk yang berbeda. Tahap pertama double cleansing adalah menggunakan produk pembersih wajah dengan bahan dasar minyak atau susu (cleansing oil, balm, atau milk) sebagai produk first cleanser. Langkah pertama dalam double cleansing ini berfungsi untuk mengangkat make up, debu, dan kotoran yang menempel pada wajah. Kemudian tahap kedua double cleansing adalah membersihkan wajah dengan sabun cuci muka sesuai jenis kulit. Tahap kedua pada double cleansing tujuannya adalah membersihkan wajah dari sisa make up, debu, atau kotoran yang berisiko menyumbat pori-pori kulit, menghilangkan residu make up yang tersisa, serta mengangkat sel kulit mati.

Kenapa double cleansing penting?

Pertama, double cleansing membersihkan sisa makeup secara menyeluruh. Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, pembersih wajah pada langkah pertama seperti  cleansing oilcleansing balm, atau cleansing milk, mengandung minyak yang efektif melarutkan makeup. Mengapa harus berbahan dasar minyak? Minyak baik yang berasal dari mineral atau tumbuhan dapat melarutkan bahan-bahan makeup yang berat. Oil disolve oil. Selain itu, minyak juga dapat membersihkan sunscreen yang dipakai sebelum makeup, serta debu dan kotoran yang menempel di makeup setelah seharian beraktivitas. Sementara itu sabun muka biasa yang berbahan dasar air ngga memiliki zat-zat aktif yang mampu mengangkat kotoran dan makeup secara menyeluruh. Jadi, langkah tambahan dengan pembersih berbahan dasar minyak dapat membantu sabun muka membersihkan wajah secara mendalam. Kriteria sabun wajah yang baik adalah:

  • ngga membuat wajah terasa kering/mengelupas/ketarik/keset setelah dibilas.
  • memiliki pH (derajat keasaman) yang mendekati pH alami kulit, yaitu sekitar 5,5 (kadang ada tertulis di kemasan).
  • sebaiknya ngga ada scrubnya, karena menggunakan scrub tiap hari berpotensi membuat kulit makin sensitif.
  • dan yang terakhir cuci muka cukup dua kali sehari saja, jangan lebih (kecuali kamu berkeringat atau beraktivitas yang kena debu, kotor, dll).

2. Moisturizing

Siapa yang suka skip pake pelembab? Setiap kulit butuh kelembaban, meskipun kulit berminyak sekalipun. Moisturizer atau dalam bahasa indonesia kita kenal dengan istilah pelembab, yup, obviously fungsinya adalah untuk melembapkan kulit. Terlepas dari itu, ia memiliki banyak manfaat lain seperti; memperlambat proses penuaan, mencegah inflamasi sehingga break out berkurang, memiliki ingredients aktif yang dapat mengatasi permasalahan kulitmu, sebagai protektif barrier untuk melawan lingkungan luar kulit yang merusak (seperti radikal bebas), sebagai primer atau dasar make up, dan terakhir memperbaiki tekstur kulitmu. Saat memilih pelembab sesuaikan dengan kondisi/tipe kulit. Untuk kulit kering pilihlah pelembab yang agak berat. Untuk kulit berminyak pilih yang bertekstur gel. Sementara untuk normal-kombinasi pilih cream yang ringan.

3. Protecting

Sebagian besar berpikir, penggunaan sunscreen nggak terlalu penting karena toh berada di dalam rumah seharian. Padahal, penggunaan sunscreen ini WAJIB dilakukan SETIAP HARI, meski berada di dalam rumah atau dalam ruangan tertutup. Penggunaan sunscreen penting dilakukan SETIAP HARI karena bisa mencegah kanker kulit dan munculnya tanda penuaan. Bahkan meski cuaca sedang mendung, hujan dan gelap, perlindungan pada kulit tetap harus dilakukan. Males pake sunscreen karena terasa berat dan meninggalkan lapisan putih pada kulit (whitecast)? Tenang, formula sunscreen sekarang ini udah jauh bagus banget, tinggal disesuaikan saja dengan kondisi kulit kalian. Pilih tekstur yang nyaman karena akan kamu pakai setiap hari. Gunakan sunscreen dengan minimal SPF 30 keatas dan ada tulisannya perlindungan untuk UVA dan UVB (ada tulisan “SPF” dan “PA” nya). Pakai ulang setiap 2-3 jam sebanyak 2 jari untuk perlindungan maksimal.

Semoga bermanfaat

See you on my next post 😀

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *